KAWIH WANDA ANYAR


KAWIH WANDA ANYAR

Karawitan adalah salah satu jenis musik yang ada di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa dan Bali. Istilah karawitan sendiri umumnya digunakan untuk menyebut musik tradisi namun, penyebutan istilah karawita ini tidak berlaku diseluruh Indonesia karena banyak musik tradisi atau musik nusantara yang cukup disebut dengan “musik”.

            Menurut Dieter Mark dalam buku yang berjudul Pendidikan Musik Antara Harapan dan Realita (2001:22) yang menyatakan:
Karawitan juga merupakan salah satu jenis musik yang khas bagi bangsa Indonesia (diisamping itu ,istilah karawitan itu sendiri  tidak dipakai untuk semua jenis musik di Indonesia!) dan “istilah”musik” sendiri tidak berarti  “musik barat.”
Karawitan sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu karawitan sekar dan karawitan gending (Instrumental).Sekar adalah istilah karawitan yang berarti vocal sedangkan gending adalah istilah yang berarti instrumental.
Sebagamana dikemukakan oleh Tatang Benyamin Koswara (1995,3) bahwa sekar sendiri  terbagi menjadi beberepa ragam diantaranya kepesindenan, tembang sunda cianjuran dan kawih wanda anyar .dan kawih wanda anyar adalah genre baru dalam golongan sekar yang memiliki umur termuda.

            Kawih Wanda anyar  sendiri identic dengan mang koko karena sekain sebagai pelopor pada masanya ,sebagian besar lagu-lagu wanda anyar yang dikenal saat ini merupakan hasil cipta beliau.meskipun demikian ,bukan berarti wanda anyar harus selalu menyoal tentang lagu-lagu yang diciptakan oleh pencipta lain terlebih beberapa nama yang memiliki latar belakang sebagai muridnya seperti Nano S,Atang Warsita dan lain lain.

            Kawih wanda anyar merupakan salah satu karawitan sekar yang tidak dapat terlepas dari peran rumpaka-rumpaka sebagai pengantar Tema. hal tersebut senada dengan pernyataan Dede Suryamah ( 1983,33) mengatakan bahwa kawih terjadi karena adanya hubungan dua unsur yaitu lagu (melodi) dan rumpaka (lirik) yang dipertemukan dalam satu kesatuanyang erat. Dan tema lagu kawih wanda anyar  umumnya bertemakan tentangt cinta,perjuangan,keindahan alam,kesedihan,jenaka dan lain-lain.dilihat dalam banyaknya ragam tema pada lagu-lagu kawih wanda anyar membuat kita terfokus ke dalam masalah penginterpretasian rasa pada rumpaka yang ada di setiap lagu .selain mengutamakan aspek rasa yang terdapat dalam rumpaka,eksplorasi keindahan baik dalam segi musik pengiring ataupun vocal, dan aspek melodi pun juga mendukung tema lagu yang dinyanyikan.

 Fungsi dan Teknik sekar dalam kawih wanda anyar ,sekar dalam kawih wanda anyar memiliki fungsi untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada apresiator  (penonton/pendengar) melalui lagu-lagu yang disajikan.menurut mang koko ngawih adalah menyanyikan lagu yang berbentuk kawih,ngawih dengan baik adalah membawakan lagu dengan penguasaan Teknik-tekniknya,yang ditunjang dengan timbre dan volume yang memadai.kawih terbagi menjadi dua yaitu kawih tradisi dan kawih kreasi baru (wanda anyar ). Kawih tradisi merupakan jenis kawih  yang sudah ada pada jaman dahulu dan sajiannya oun turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.begitu juga lagu yang termasuk kedalam lagu kawih tradisi jarang sekali diketahui pengarangnya  atau penciptanya (NN).hal tersebut dikarenakan lagu-lagu dari kawih tradisi itu sudah ada sejak zaman dahulu dimana  manusia  belum mengenal baca-tulis, maka lagu-lagu dahulu diajarkan atau diturunkan secara lisan. Hal tersebut sangat beda dengan kawih kreasi baru  yang merupakan karya-karya gubahan baru yang bertitik tolak dari kawih tradisi tetapi masih mengacu pada kawih tradisi itu sendiri .karena hubungan lagu dan rumpaka erat sekali,yang dimana karakterisasi setiap lagu cenderung ditentukan oleh penciptanya.

Didalam bernyanyi (ngawih),tentu harus tau teori-teori yang digunakannya, seperti artikulasi ,pernapasan,dinamika dan interptretasi,ke empat unsur ini adalah  sebagian kecil yang harus diperhatikan dalam bernyanyi sangat mengutamakan keindahan.
·         Artikulasi
Dalam istilah musik Artikulasi berarti pengucapan kata-kata pada lirik lagu harus dengan jelas
·         Pernapasan
Salah satu unsur penting dalam bernyanyi adalah pernafasan .pernafasan perlu mendapatkan perhatian khusus ,karena untuk memperolah kemampuan pernafasan yang baik dalam bernyanyi memerlukan waktu yang relatif lebih lama,dan saat bernyanyi nafas harus diatur supaya tidak cepat cape.dan pernafasan terbagi menjadi tiga
1.      Pernafasan Perut
Pernafasan perut dilakukan melalui mulut,dan disimpan dalam rongga perut.
2.      Pernafasan Dada
Pernafasan dada dilakukan melalui hidung ,dan disimpan dalam rongga dada.
3.      Pernafasan Diafragma
Pernafasan diafragma  adalah pernapasan yang dilakukan melalui hidung ,dan disimpan diantara rongga dada dan rongga perut.

·         Dinamika
Dinamika adalah naik turun,atau keras lambatnya suara dalam bernyanyi
·         Interpretasi
Interpretasi adalah penampilan dalam membawakan lagu dengan penjiwaan menurut karakter lagu yang dibawakan.

Alat musik yang digunakan dalam kawih wanda anyar biasanya menggunakan Kacapi ziter,Kendang dolingpong ,suling dan biola (piul)
Kesenian kawih wanda anyar ini biasa digunakan dikalangan masayarakan sebagai sarana hiburan atau sukuran hajatan nikahan atau sunatan dan biasanya menggunakan kawih wanda anyar sebagai sarana hiburan atau disebut dengan degungan,dan tempat buat hiburan nya kebanyakan memakai panggung sederhana ,dan sekarang banyak diselenggarakan lomba pasanggirin kawih wanda anyar tingkat remaja dan dewasa.

Nama : Muhamad Ilyas A
Nim ; 18123111

 Sumber buku ;
·         Asep saepul ahmad
Kreativitas dalam Teknik penjarian kacapi jaipongan alih gombel
·         Vika Mutiara arsy
Napak rasa penyajian vokal kawih wanda anyar
·         Risthi tresnawathi handayani
Kagembang (penyajian vokal kawih wanda anyar )
·         Lir irmayasari
Kawih Acining Pamatri Ati (Penyajian Vokal Kawih Wanda Anyar )
·         Tardi Ruswandi
Koko Koswara Pelopor Pembaharu Karawitan Sunda  

Comments

Popular posts from this blog

KESENIAN BEROKAN

Helaran: KESENIAN REAK DOGDOG CINUNUK