KAWIH WANDA ANYAR
KAWIH
WANDA ANYAR
Karawitan adalah salah satu jenis musik yang ada di
beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa dan Bali. Istilah karawitan sendiri
umumnya digunakan untuk menyebut musik tradisi namun, penyebutan istilah
karawita ini tidak berlaku diseluruh Indonesia karena banyak musik tradisi atau
musik nusantara yang cukup disebut dengan “musik”.
Menurut
Dieter Mark dalam buku yang berjudul Pendidikan Musik Antara Harapan dan
Realita (2001:22) yang menyatakan:
Karawitan juga merupakan salah satu jenis musik yang
khas bagi bangsa Indonesia (diisamping itu ,istilah karawitan itu sendiri tidak dipakai untuk semua jenis musik di
Indonesia!) dan “istilah”musik” sendiri tidak berarti “musik barat.”
Karawitan sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu
karawitan sekar dan karawitan gending (Instrumental).Sekar adalah istilah karawitan yang
berarti vocal sedangkan gending adalah istilah yang berarti instrumental.
Sebagamana dikemukakan oleh Tatang Benyamin Koswara
(1995,3) bahwa sekar sendiri terbagi
menjadi beberepa ragam diantaranya kepesindenan,
tembang sunda cianjuran dan kawih wanda anyar .dan kawih wanda anyar adalah genre baru dalam golongan sekar yang memiliki umur termuda.
Kawih Wanda anyar sendiri identic dengan mang koko karena sekain
sebagai pelopor pada masanya ,sebagian besar lagu-lagu wanda anyar yang dikenal
saat ini merupakan hasil cipta beliau.meskipun demikian ,bukan berarti wanda
anyar harus selalu menyoal tentang lagu-lagu yang diciptakan oleh pencipta lain
terlebih beberapa nama yang memiliki latar belakang sebagai muridnya seperti
Nano S,Atang Warsita dan lain lain.
Kawih wanda anyar merupakan salah satu
karawitan sekar yang tidak dapat
terlepas dari peran rumpaka-rumpaka sebagai pengantar Tema. hal tersebut senada
dengan pernyataan Dede Suryamah ( 1983,33) mengatakan bahwa kawih terjadi
karena adanya hubungan dua unsur yaitu lagu (melodi) dan rumpaka (lirik) yang
dipertemukan dalam satu kesatuanyang erat. Dan tema lagu kawih wanda anyar umumnya
bertemakan tentangt cinta,perjuangan,keindahan alam,kesedihan,jenaka dan
lain-lain.dilihat dalam banyaknya ragam tema pada lagu-lagu kawih wanda anyar membuat kita terfokus
ke dalam masalah penginterpretasian rasa pada rumpaka yang ada di setiap lagu
.selain mengutamakan aspek rasa yang terdapat dalam rumpaka,eksplorasi
keindahan baik dalam segi musik pengiring ataupun vocal, dan aspek melodi pun
juga mendukung tema lagu yang dinyanyikan.
Fungsi dan Teknik sekar dalam kawih wanda anyar ,sekar dalam kawih wanda anyar memiliki fungsi untuk
menyampaikan pesan secara langsung kepada apresiator (penonton/pendengar) melalui lagu-lagu yang
disajikan.menurut mang koko ngawih adalah
menyanyikan lagu yang berbentuk kawih,ngawih
dengan baik adalah membawakan lagu dengan penguasaan Teknik-tekniknya,yang
ditunjang dengan timbre dan volume yang memadai.kawih terbagi menjadi dua yaitu kawih tradisi dan kawih kreasi baru (wanda
anyar ). Kawih tradisi merupakan
jenis kawih yang sudah ada pada jaman dahulu dan sajiannya
oun turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.begitu juga lagu
yang termasuk kedalam lagu kawih tradisi
jarang sekali diketahui pengarangnya
atau penciptanya (NN).hal tersebut dikarenakan lagu-lagu dari kawih tradisi itu sudah ada sejak zaman
dahulu dimana manusia belum mengenal baca-tulis, maka lagu-lagu
dahulu diajarkan atau diturunkan secara lisan. Hal tersebut sangat beda dengan kawih kreasi baru yang merupakan karya-karya gubahan baru yang
bertitik tolak dari kawih tradisi tetapi masih mengacu pada kawih tradisi itu sendiri .karena
hubungan lagu dan rumpaka erat sekali,yang dimana karakterisasi setiap lagu
cenderung ditentukan oleh penciptanya.
Didalam bernyanyi (ngawih),tentu harus tau teori-teori yang
digunakannya, seperti artikulasi ,pernapasan,dinamika dan interptretasi,ke
empat unsur ini adalah sebagian kecil
yang harus diperhatikan dalam bernyanyi sangat mengutamakan keindahan.
·
Artikulasi
Dalam istilah musik
Artikulasi berarti pengucapan kata-kata pada lirik lagu harus dengan jelas
·
Pernapasan
Salah satu unsur
penting dalam bernyanyi adalah pernafasan .pernafasan perlu mendapatkan
perhatian khusus ,karena untuk memperolah kemampuan pernafasan yang baik dalam
bernyanyi memerlukan waktu yang relatif lebih lama,dan saat bernyanyi nafas
harus diatur supaya tidak cepat cape.dan pernafasan terbagi menjadi tiga
1. Pernafasan
Perut
Pernafasan
perut dilakukan melalui mulut,dan disimpan dalam rongga perut.
2. Pernafasan
Dada
Pernafasan
dada dilakukan melalui hidung ,dan disimpan dalam rongga dada.
3. Pernafasan
Diafragma
Pernafasan
diafragma adalah pernapasan yang
dilakukan melalui hidung ,dan disimpan diantara rongga dada dan rongga perut.
·
Dinamika
Dinamika
adalah naik turun,atau keras lambatnya suara dalam bernyanyi
·
Interpretasi
Interpretasi
adalah penampilan dalam membawakan lagu dengan penjiwaan menurut karakter lagu
yang dibawakan.
Alat musik yang digunakan dalam kawih wanda anyar biasanya menggunakan Kacapi ziter,Kendang dolingpong ,suling dan biola (piul)
Kesenian kawih wanda anyar ini biasa digunakan
dikalangan masayarakan sebagai sarana hiburan atau sukuran hajatan nikahan atau
sunatan dan biasanya menggunakan kawih wanda anyar sebagai sarana hiburan atau
disebut dengan degungan,dan tempat buat hiburan nya kebanyakan memakai panggung
sederhana ,dan sekarang banyak diselenggarakan lomba pasanggirin kawih wanda
anyar tingkat remaja dan dewasa.
Nama : Muhamad Ilyas A
Nim ; 18123111
Sumber buku ;
·
Asep saepul ahmad
Kreativitas dalam Teknik penjarian kacapi jaipongan
alih gombel
·
Vika Mutiara arsy
Napak rasa penyajian vokal kawih wanda anyar
·
Risthi tresnawathi handayani
Kagembang (penyajian vokal kawih wanda anyar )
·
Lir irmayasari
Kawih Acining Pamatri Ati (Penyajian Vokal Kawih
Wanda Anyar )
·
Tardi Ruswandi
Koko Koswara Pelopor Pembaharu Karawitan Sunda
Comments
Post a Comment